Thursday, April 26, 2012

Kutu



DEFINISI

Lice (kutu) adalah parasit yang dapat ditemukan di kepala dan badan. Kutu pada manusia hidup dengan jalan memakan darah yang dihisap dari kulit. Jenis kutu pada masing – masing bagian tubuh berbeda satu sama lain. Pada manusia, dikenal 3 macam yaitu :

· Pediculus humanus capitis (head louse ) yang menyerang daerah kepala,

· Pediculus humanus corporis (body louse, clothes louse) yang menyerang daerah badan, dan

· Pthirus pubis (pubic / genital louse) yang menyerang daerah kemaluan

Guidelines dibawah ini khusus membahas mengenai head lice.

Head lice / Kutu rambut dewasa berukuran panjang 2,1 – 3,3 mm. Kutu rambut bersarang di rambut, leher dan menyematkan telurnya pada pangkal batang rambut. kutu bergerak dengan cara merambat / berjalan, bukan terbang atau melompat.

Seseorang yang menderita kutu rambut disebut mengalami infestasi, bukan mengalami infeksi. hal ini disebabkan kutu rambut tersebut tidak menyebabkan reaksi infeksi melainkan hanya menggerombol (berinfestasi) di kulit kepala.

SIKLUS HIDUP

Sikulus hidup kutu rambut terdiri dari 3 tahap : telur, nimpa, dan dewasa.

Telur : telur kutu rambut berukuran 0,8 – 0,3 mm dan berbentuk oval. Telur diletakkan oleh betina dewasa pada pangkal rambut yang terdekat dengan kulit kepala. Telur membutuhkan waktu sekitar 1 minggu untuk menetas (6 – 9 hari).

Nimpa : telur yang menetas akan berubah menjadi nimpa. Nimpa terlihat seperti kutu dewasa tetapi berukuran lebih kecil. Nimpa akan menjadi matang setelah 3 kali berubah dan menjadi dewasa dalam waktu 7 hari setelah menetas.

Dewasa : Kutu dewasa berukuran kira – kira sebesar biji wijen, memiliki 6 buah kaki. Dewasa betina biasanya berukuran lebih besar dari jantan dan dapat mengeluarkan 8 telur setiap hari. Untuk dapat bertahan hidup, kutu dewasa harus menghisap darah beberapa kali sehari. Tanpa darah, kutu dewasa akan mati dalam waktu 1 – 2 hari.

No comments:

Post a Comment